Minggu, 24 Juni 2012

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Setiap manusia mempunyai cara-cara tersendiri untuk mengatur kehidupannya sendiri, setiap manusia yang sudah tau apa yang harus dilakukan untuk kebaikan dirinya sendiri. Ketika orang sudah dewasa tentu dia akan berfikir untuk masa depannya, dan mempunyai cara untuk bisa meraih apa yang diinginkan untuk masa depannya. Untuk bisa meraih apa yang diinginkan untuk masa depan seseorang harus mempnyai  cara berpandangan hidup yang baik.


Pada hekekatnya pandangan hidup harus sudah ada di tanamkan oleh manusia sejak mereka kecil. Namun masih banyak di antara kita masih bingung kemana kita akan melangkah nanti atau kemana kita akan pergi nanti. Masa depan kita nanti ditentukan oleh pandangan hidup kita saat ini karena apabila kita masih berpandangan pada orang lain maka kita akan stuck atau berhenti sampai disitu saja tanpa adanya jalan untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Pandangan Hidup setiap manusia pasti berbeda-beda, tergantung bagaimana pola berfikir setiap individu itu sendiri. Pandangan hidup dapat menentukan jalan hidup seseorang. Apakah ia akan menjadi orang yang sukses atau biasa-biasa saja?. Seseorang dapat menjadi sukses atau biasa-biasa saja dapat ditentukan dengan pandangan hidupnya.

Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar itu manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk yang disebut pandangan hidup.

Menjadi besar tanpa penderitaan sekaligus cacian orang, itulah kemauan banyak sekali anak muda. Dan kalau memang kehidupan seperti itu ada, tentu ada terlalu banyak manusia yang juga menginginkannya. Sayangnya wajah kehidupan seperti ini tidak pernah ada. Sehingga jadilah cita-cita menjadi besar tanpa penderitaan hanya sebagai khayalan manusia malas yang tidak pernah mencoba.

Adapun kiat-kiat menuju sukses di masa depan dengan melakukan pemograman diri. Pemograman diri itu sendiri adalah cara untuk mengatur diri kita agar leih disiplin dan bertanggung jawab terhadap waktu-waktu yang kita habiskan setiap hari bahkan setiap saat.

Ketika saya mulai dewasa, saya belajar untuk mandiri dalam melakukan segala kebutuhan untuk diri saya. Belajar jauh dari orang tua dan belajar untuk mengatur hidup sendiri dengan baik. Awalnya memang terasa sangat sulit hidup jauh dengan orang tua, semuanya harus dilakukan dengan sendiri, tapi saya tidak mau menyerah begitu saja, menurut saya ini adalah awal untuk saya bisa menjadi orang yang mempunyai tanggung jawab.

Dalam perjalanan banyak sekali pelajaran-pelajaran hidup yang sangat berharga hingga bisa membuat saya bisa berfikir lebih baik dan bijaksana untuk mengatur diri. Saya seorang laki-laki, setiap laki-laki pasti kelak akan menjadi pemimpin dalam sebuah keluarga, maka dari itu saya terus belajar untuk diri sendiri dan kelak akan bisa mengatur didalam  kehidup kelurga. Tidak ada yang mudah dalam belajar, tapi tidak ada yang tidak bisa dalam belajar, bisa itu bukan karena orang itu hebat, tapi bisa itu karena kita terbiasa.

Dalam diri manusia terdapat IQ,ESQ dan EQ dalam memprogram diri manusia. Harus meningkatakan kecerdasan tersebut .untuk meningkatkan kecerdasan tersebut harus melakukan cara seperti yang disebutkan di atas oleh sebab itu dalam mengatasi semua masalah dan misi untuk mencapai tujuan yang terpenting dari semua itu Adalah Emotional Intelegence dan ESQ karena kedua tersebut 80% menetukan seseorang suksesSecara garis besar, masa kuliah dapat dikatakan sebagai sebuah transisi dari masa remaja ke dewasa. Mengapa demikian? Masa kuliah adalah masa perpindahan dari status pelajar menuju status job seeker. Atau dengan kata lain, sebuah waktu yang dapat digunakan oleh seorang mahasiswa untuk menentukan langkahnya, apakah akan terus mengandalkan keuangan orang tua untuk membiayai hidupnya atau mulai berpikir dan meracik strategi agar segera mendapatkan pekerjaan setelah berhasil mendapat gelar sarjana. Maka dengan cara tersebut kita akan lebih mudah untuk meraih masa depan yang lebih baik

Jika kita sudah biasa mengatur hidup untuk diri sendiri dengan baik, maka kehidupan kita selanjutnyapun akan mudah untuk kita jalani, karena kita sudah mempunyai banyak pengalaman hidup yang bisa kita terapkan. Dan yang penting adalah cara berpandangan hidup kita.

Segala sesuatu itu perlu dicoba, orang yang berani mencoba adalah orang yang selalu berusaha untuk memperbaiki kehidupan, karena dengan mencoba manusia akan mengetahui hasil dari percobaanya, jika percobaanya itu gagal, maka dia akan terus berfikir untuk tidak gagal lagi. Jangan pernah memikirkan kegagalan, karena jika kita ters memikirkan kegagalan, maka kita tidak akan berani untuk mencoba berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar