Senin, 25 Juni 2012

MANUSIA DAN HARAPAN


MANUSIA DAN HARAPAN
      
Hidup adalah kesempatan besar bagi manusia membuktikan kelayakannya sebagai seorang hamba Tuhan di muka bumi. Semua manusia yang sadar dan waras tentunya mempunyai harapan, karena harapan adalah semangat hidup untuk menggapai sesuatu. Tanpa ada harapan berarti manusia itu tidak memiliki arah tujuan. Dengan adanya harapan seseorang akan mempunyai target yang akan dicapai dalam hidupnya dan membuat orang itu tidak menyia-nyiakan waktu hidupnya. Semua apa yang dilakukannya pasti berarti dalam hidupnya. Setiap manusia juga pasti berharap bahwa harapan yang ia inginkan dapat terwujud. Dan itulah sebabnya, manusia sering tidak bersyukur akan apa yang ia peroleh. Apa yang telah diberikan oleh Tuhan pada dirinya, walaupun itu tidak sesuai dengan harapannya. Bersyukur adalah tanda menghargai segala pemberian-Nya atas segala yang diharapkan.


Manusia yang bijak tak pernah berputus asa akan cita-cita positif yang akan diraihnya selama menjalani kehidupan di dunia. Itulah harapan. Kita tak boleh membunuh harapan yang sudah kita simpan untuk terjadi di masa yang akan datang. Karena, membunuh harapan adalah petaka besar. Untuk apa hidup di dunia bila harapan positif sudah tak lagi ada untuk dinikmati bersama orang-orang tercinta sebelum kita menghadapNya?

Manusia sebagai makhluk Tuhan tentunya mempunyai harapan untuk bisa masuk ke Surga. Surga adalah harapan yang sangat besar bagi orang-orang yang beriman kepada Tuhan. Sebagai makhluk sosial pasti manusia memiliki banyak harapan dalam hidupnya. Dan setiap orang berbeda-beda harapannya. Yang jelas semua manusia pasti memilki harapan.

Harapan menurut pribadi saya adalah yang membuat diri kita mempunya tujuan berarti dalam kehidupan yang menjadi sebuah penyemangat hidup. Tapi kita tidak cukup hanya berharap saja, harus ada tindakan untuk mencapai harapan tersenut, percuma jika kita hanya berharap saja tanpa adanya tindakan apapun.

Saya seorang mahasiswa, dan tentunya saya mempunyai harapan yang besar pada diri saya untuk bisa meraih prestasi dalam kuliah dan meraih nilai yang sangat baik, dan setelah lulus S1 bisa meneruskan S2 hingga S3 , dan meraih beasiswa. Mungkin semua mahasiswapun akan berharap yang demikian, namun yang membedakan adalah seberapa besar tindakan dan usaha yang dilakukan untuk meraih harapan tesebut. Ketekunan dan keseriusan akan berpengaruh pada keberhasilan dalam mencapai harapan.

Dalam dimensi kehidupan di dunia, kesuksesan seorang muslim adalah tercapainya peningkatan kebaikan-kebaikan di berbagai segi kehidupan. Baik peningkatan kebaikan dalam hal materi maupun nonmateri; baik peningkatan kebaikan mengenai kualitas pribadi, kehidupan ekonomi atau bisnis, keluarga, maupun kehidupan sosial.Kesuksesan adalah sebuah keinginan setiap orang di dunia. Tidak peduli siapa, dari mana dan dari latar belakang apa. setiap orang mempunyai hak yang sama atas harapannya sendiri, jangan pernah berhenti berharap dan lakukan yg terbaik agar harapan itu terwujud.

Sebagai mahasiswa saya mempunya harapan untuk bisa menghasilkan sesuatu untuk bangsa Indonesia, saya terus mempelajari apa yang sedang dibutuhkan oleh bangsa ini untuk bisa merdeka dengan sebenar-benarnya. Saat ini Indonesia menurut saya belum merdeka dengan sepenuhnya, masih banyak kesalahan-kesalahan dalam pemerintahan kita. Sebagai bangsa Indonesia saya sangat berharap Indonesia bisa menjadi Negara yang Selamat, damai dan sejahtera.

Sebenarnya jika pemerintah memberi perhatian lebih kepada mahasiswa, banyak sekali harapan-harapan yang ingin disampaikan untuk bangsa ini, tapi apa daya pemerintah mungkin sibuk dengan pekerjaanya masing-masing. Sehingga perhatiannya untuk mahasiswa tidak begitu besar.

Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara, karena anak pertama tentunya kedua orang tua bahkan kakek (Ayah dari bapak saya) menaruh harapan yang besar kepada saya agar saya menjadi seorang nerguna bagi keluarga, bangsa dan Negara. Sebagai anak pertama saya mempunyai harapan untuk memberikan yang terbaik kepada kedua orang tua dan adik-adik saya. Harapan dan cita-cita saya sebagai kakak dari adik-adik saya, saya bisa menyekolahkan adik-adik saya hingga keperguruan tinggi.

Harapan saya itulah yang memacu saya untuk selalu semangat dalam menjalani kehidupan dan semangat untuk meraih prestasi dan keberhasilan kehidupan, tentunya kehidupan yang baik didunia dan akhirat, karena tak ada gunanya jika hidup kita hanya baik menurut diri kita sendiri tapi tidak baik menurut Tuhan. Hidup yang sukses adalah hidup yang diridhai oleh Tuhan. Jadi berharaplah dengan harapan yang baik, harapan yang positif yang berguna baik untuk diri kita, jika harapan itu berguna baik untuk kita maka Tuhanpun pasti akan selalu menyertai kita, sehingga dalam bertindak untuk meraih harapan itu kita selalu diberikan petunjuk oleh Tuhan.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar