Jumat, 08 Juni 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Dalam kehidupan manusia dimuka bumi mempunyai cara yang berbeda dalam bersosial antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Seperti di Indonesia beragam budaya dan bahasa yang disatukan  dengan bahasa Indonesia. Walau berbeda-beda budaya dan bahasa, tapi semua tetap satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Secara garis besar kebudayaan Indonesia ada dua, yaitu kebudayaan klasik dan kebudayaan modern. Kebudayaan klasik adalah kebudayaan yang dibuat oleh oaring-orang pada zaman kerajaan Indonesia dahulu.
Dengan berjalannya waktu kebudayaan bangsa Indonesia mengalami suatu perubahan menuju kebudayaan yang modern. Kebudayaan Indonesia modern dimulai ketika bangsa Indonesia merdeka. Bentuk dari deklarasi ini menjadikan bangsa Indonesia tidak dalam kekangan dan tekanan. Dari sini bangsa Indonesia mampu menciptakan rasa dan karsa yang lebih sempurna. 

Seperti kedua orang tua saya memiliki suku yang berbeda, dalam kehidupan sehari-hari mereka mengikuti budaya yang ada dan berlaku dilingkungannya dan begitu pula saya. Kedua orang tua saya tidak lagi sepenuhnya menjalani kehidupan dengan budaya dari masing-masing suku mereka. Mereka mengikuti perkembangan budaya yang ada pada saat ini.

Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Dan tak kalah pentingnya, secara sosial budaya dan politik masyarakat Indonesia mempunyai jalinan sejarah dinamika interaksi antar kebudayaan yang dirangkai sejak dulu. Interaksi antar kebudayaan dijalin tidak hanya meliputi antar kelompok sukubangsa yang berbeda, namun juga meliputi antar peradaban yang ada di dunia. Labuhnya kapal-kapal Portugis di Banten pada abad pertengahan misalnya telah membuka diri Indonesia pada lingkup pergaulan dunia internasional pada saat itu. Hubungan antar pedagang gujarat dan pesisir jawa juga memberikan arti yang penting dalam membangun interaksi antar peradaban yang ada di Indonesia. Singgungan-singgungan peradaban ini pada dasarnya telah membangun daya elasitas bangsa Indonesia dalam berinteraksi dengan perbedaan. Disisi yang lain bangsa Indonesia juga mampu menelisik dan mengembangkan budaya lokal ditengah-tengah singgungan antar peradaban itu.

Kesenian Indonesia mungkin tidak begitu populer dan digemari di negerinya sendiri. Namun, bukan berarti kesenian Indonesia tidak disukai di luar negeri. Kesenian wayang orang yang dimainkan oleh kelompok Wayang Orang Indonesia Pusaka mendapat sambutan meriah di Opera House di Sidney, Australia, serta dijadwalkan bermain di sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Afrika.

Dengan peradaban bangsa, budaya Indonesia banyak yang mendunia, seperti halnya wayang kulit dalang asal warga Negara lain, saya sempat melihat pada salah satu setasiun TV swasta wayang kulit yang didalangi oleh dalang asal Amerika. Pada acara tersebut juga ada dalang asal Amerika, ada pesinden dari Jepang,  Amerika dan juga beberapa negara lain.  Dalang dan pesinden Amerika itu sudah belajar bahasa Jawa dan budaya Jawa, termasuk keseniannya. 

Betapa bangganya kita sebagai bangsa Indonesia, karena budaya kita sudah dikuasai benar oleh mereka, para orang asing itu. Kalau suatu saat, mereka (orang asing itu ) sudah menguasai kebudayaan kita, seni tari, seni wayang, dan mungkin juga seni lukis dan seni patung, bisa saja mereka lebih lihai dari pemiliknya, Bangsa Indonesia. Nanti pada saatnya akan datang suatu masa, dimana Amerika, Jepang, Belanda dan negara-negara lainnya mempunyai sekolah tari, sekolah wayang kulit, dan sekolah kesenian yang berakar dari budaya Indonesia. 

Seperti halnya batik, batik merupakan salah satu hasil karya bangsa Indonesia yang dikagumi oleh berbagai bangsa di dunia. Produk budaya Indonesia yang sangat unik ini merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan dan dibudidayakan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memperkenalkan batik kepada generasi muda. Karena batik sangat banyak disukai oleh warga Negara asing, bahkan ada Negara asing yang mendirikan sekolah batik, itu membuktikan bahwa Negara asing saja sangat ingin mempelajari kesenian batik Indonesia yang sudah mendunia ini, bagaimana dengan kita bangsa Indonesia yang memilikinya? 

Dengan demikian kita sebagai bangsa Indonesia harus sadar bahwa budaya kita sudah mendunia. Jika ada yang mempelajari, meniru, memproduksi dan memasarkannya, bagaimana? Tentu ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk selalu melindungi, menjaga dan mencintai kebuyaan yang ada diseluruh Nusantara ini. Terutama generasi muda, generasi muda adalah penerus bangsa ini, maka dari itu generasi muda mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal ini. Dan peran orang tua juga sangat penting untuk menanamkan rasa cinta pada kebudayaan Indonesia kepada anak-anaknya, sehingga setelah anak dewasa mereka sudah terbiasa dengan budaya yang telah diajarkan orang tua dan sehingga sianak pun akan melindungi kebudayaannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar