Senin, 25 Juni 2012

MANUSIA DAN KEGELISAHAN


MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Didalam kehidupan manusia pasti pernah merasakan rasa gelisah. Terkadang rasa gelisah itu dating dengan tiba-tiba tanpa kita tau sebabnya. Namun sebenarnya gelisah itu dating karena ada sebabnya. Rasa gelisah itu memang tidak menyenangkan, tapi pasti ada cara untuk menghilangkan rasa itu. Tentu dengan hal-hal yang positif.


Seorang muslim dituntut untuk selalu menjaga keseimbangan dalam hidupnya, sebab dia sedang hidup dalam suasana yang sarat dengan kesusahan, penderitaan, peperangan, hal-hal yang tidak terduga dan mengejutkan. “Kegelisahan negatif” akan mendorong seseorang, melalui hubungan timbal balik dengan lingkungan dan masyarakatnya, kepada penurunan tingkat produktivitas dan ketidakharmonisan dengan masyarakatnya tersebut, yang karena itu akan membawa dampak yang tidak diinginkan bagi kesehatannya; ia merupakan faktor yang dapat meruntuhkan kepribadian, produktivitas dan keharmonisan interaksi sosial.

Banyak hal-hal yang bisa menimbulakan kegelisahan dalam diri manusia, mulai dari pekerjaan, percintaan dan lain lain. Mungkin jika saya menebak, kegelisahan yang terjadia pada remaja kebanyakan adalah masalah percintaan, atau bahasa anak muda zaman sekarang sering disebut dengan “GALAU”. Yah itulah remaja.

Kegelisahan adalah rasa yang tidak menyenangkan, cemas dan khawatir terhadap sesuatu. Terkadang manusia merasa takut untuk melakukan sesuatu, padahal dia belum berbuat apa-apa. Orang seperti itu tidak akan pernah berhasil dalam hidupnya, kecuali dia berani dan mau untuk merubah rasa takutnnya itu. Sebenarnya kita tidak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang bisa membaikkan hidup kita, karena ketika kita sudah menjalaninya akan terasa mudah dan tidak sesulit dengan apa yang kita bayangkan.

Saya pribadi dulunya adalah orang yang terkadang membayangkan kegagalan, padahal saya belum melakukan apa-apa, hingga pada akhirnya saya berfikiran jika saya seperti ini terus menerus kapan saya akan bisa. Dan pada akhirnya saya beranikan diri untuk mencoba, dan ternyata memang benar, setelah dicoba tak sesulit yang saya bayangkan.

Hingga saat ini saya selalu berusaha untuk berani mencoba segala sesuatu yang bisa membuat saya berhasil, karena keberhasilan itu tidak hanya dengan sekali percobaan, tapi dengan banyak percobaan.

Sebenarnya banyak cara untuk bisa menghilangakan rasa kegelisahan. Tapi tergantung pada pribadi masing-masing mau atau tidak. Ada suatu cara lain yang mungkin juga baik untruk digunakan dalam mengatasi kecemasan tersebut dengan memerlukan sedikit pemikiran yaitu,pertama kita menanyakan pada diri kita sendiri (instropeksi),akibat yang paling buruk yang bagaimanakah yang akan kita tanggung atau yang akan terjadi,mengapa hal itu terjadi,apa penyebabnya dan sebagainya. Apabila kita dapat menganalisa akibat yang akan ditimbulkan oleh kecemasan tersebut dan bila kita tidak dapat mengatasinya,kita dapat mempersiapkan diri untuk menghadapinya,karena tidak semua pengalama di dunia ini menyenangkan.Yang kedua,kita bersedia menerima akibatnya dengan rasa tabah dan senang hati niscaya kecemasan tersebut akan sirna dari jiwa kita.dan yang ke3,dengan bersamaan berjalannya waktu kita dapat mencoba untuk memperkecil dan mengurangi keburukan-keburukan akibat timbulnya kecemasan tersebut dalam jiwa kita.

Dalam kehidupan ini setiap manusia mempunyai harapan-harapan dan setiap manusia mempunyai hak untuk itu tidak seorang pun dapat menghalanginya. Untuk mencapai harapan-harapan itu manusia berusaha,yang mungkin usahanya itu dengan mengorbankan apa saja dengan kata lain manusia berusaha dengan sekuat tenaga,setelah berusaha maka orang-orang itu dengan gelisah menunggu dan menanti bagaimana hasil usaha mereka,sesuaikah dengan apa yang mereka korbankan,berhasilkah atau mereka harus kecewa karena gagal.

Seringkali dalam menungu hasil-hasil usaha mereka, mereka itu tidak sabar,hati mereka tidak tentram,tidak damai dan lain sebagainya sampai-sampai mereka jarang menggunakan akal sehatnya.Untuk itu disini kami akan mencoba memberi uraian mengapa kita gelisah,mengapa kita merasa khawatir,mereka tidak tentram dan hati kita berdebar dalam menuggu di samping itu pula akan di uraikan mengapa dan apa penyebabnya kita merasa demikian serta bagaimana cara menanggulangi kegelisahan dan kekhawatiran yang kita alami.Disini kami mencoba memberikan gambaran cara penecahan rasa gelisah yang mungkin dialami,sebab seringkali orang yang mengalami kegelisahan menanggulangi atau menyalurkan dengan hal-hal yang bersifat negatif. Sudah tentu cara-cara ini tidak benar, hal ini terjadi karena dalam pemecahan masalah ini mereka tidak menggunakan akal sehat, dengan kata lain emosi dan ratio mereka tidak stabil lagi dan kadang-kadang malah emosi mereka lebih menonjol sehingga tindakan- tindakan mereka tidak terkontrol. Di samping itu juga kegelisahan dan kekhawatiran ini dialami oleh setiap orang hidup dan mempunyai harapan.

Jadi, jika kita ingin harapan kita bisa tercapai sesuai denga apa yang kita inginkan, maka kita harus berani mencobanya. Jangan merasa cemas atau gelisah duluan. Dengan mencoba berarti kita sudah berusaha untuk membuat diri kita berhasil.




    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar