Kamis, 31 Mei 2012

BAB 9. MANUSIA DAN KEGELISAHAN


KEGELISAHAN

Kegelisahan Ini merupakan perasaan tidak menyenangkan dari ketakutan dan kekhawatiran.Kegelisahan (juga disebut kecemasan atau khawatir) adalah keadaan psikologis dan fisiologis ditandai dengan somatik, emosional, komponen kognitif, dan perilaku. Kegelisahan Ini merupakan perasaan tidak menyenangkan dari ketakutan dan kekhawatiran. Makna akar dari kegelisahan ini menacu kepada Kata 'untuk menyakitkan hati atau kesulitan', baik ada atau tidak adanya stres psikologis, kecemasan bisa membuat perasaan takut, khawatir, gelisah, dan ketakutan kecemasan dianggap sebagai reaksi normal terhadap stressor..
Ini dapat membantu seorang individu untuk menghadapi situasi yang menuntut dengan mendorong mereka untuk mengatasinya. Ketika kecemasan menjadi berlebihan, mungkin termasuk dalam klasifikasi gangguan kecemasan.

SEBAB-SEBAB KEGELISAHAN

 1.  Gelisah terhadap dosa-dosa dan pelanggaran 
 2.  Gelisah terhadap hasil kerja
           3.  Takut akan kehilangan milik
 4.  Takut menghadapi keadaan masa depan


Usaha-usaha yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kegelisahan ini peratama-tama harus mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga kesulitan dapat kita atasi. Sedangkan cara yang paling ampuh untuk mengatasi kegelisahan adalah dengan berserah diri kepada Tuhan.

KETERASINGAN

Terasing atau keterasingan adalah bagian hidup manusia. Sebentar atau lama orang pemah mengalami hidup dalam keterasingan, sudah tentu dengan sebab dan kadar yang berbeda satu sama lain.

KESEPIAN

Kesepian merupakan kondisi yang tidak menyenangkan. Perasaan kesepian adalah sebuah fenomena universal yang dapat terjadi pada setiap individu dalam ras manapun, usia berapapun, dan sepanjang kehidupan sejarah manusia. Orang-orang kota yang hidupnya dikelilingi segala fasilitas ternyata ditemukan memiliki rasa kesepian ini. Pada masyarakat urban (perkotaan) yang impersonal lebih mudah ditemukan sebuah kondisi perasaan sepi atau sendiri, dimana individu menemui individu lain tidak sebagai dirinya sendiri, melainkan sebagai bentukan dari tugas-tugas atau kewajiban dalam masyarakat saja.

KETIDAKPASTIAN

Ketidakpastian sangat dekat dengan pikiran negatif. Seperti keraguan, kemarahan, prasangka buruk, dan ketakutan dalam mencapai sebuah impian. Apapun itu, dalam kehidupan Anda, bagus di pekerjaan, dalam hubungan berpasangan, di keluarga, juga pertemanan, ketidakpastian selalu muncul.

Ketidakpastian adalah konsep risiko yang sangat inti. Kita dapat mengatakan bahwa konsep ketidakpastian mengimplikasikan keraguan mengenai masa yang akan datang yang didasari pada kekurangan dan ketidaksempurnaan pengetahuan.

Padahal, ketidakpastian dalam hidup justru menjadi tantangan. Dengan melihatnya sebagai tantangan, Anda terdorong untuk lebih bijak dalam bertindak dan lebih cerdas dalam berpikir.

MANUSIA DENGAN KEGELISAHAN

Kegelisahan dalam diri manusia dapat timbul sewaktu – waktu tanpa atau dengan diharapkan kehadirannya. Banyak faktor yang yang mempengaruhi dan menimbulkan kegelisahan dalam diri manusia. Adanya rasa gelisah yang dirasakan dan dialami oleh manusia pada dasarnya disebabkan oleh manusianya itu sendiri karena semua manusia memiliki hati, perasaan dan pikiran.

kita bisa mengalahkan kegelisahan hanya dengan cara melawannya dengan sugesti-sugesti yang positif yang dapat membuat otak kiri kita berkerja lebih jernih pada saat itu jika hal itu belum cukup mungkin kita disarankan untuk selalu taat beribadah karena dengan beribadah kita bisa tentram hatinya dan tidak gelisah lagi.


CREATED BY:
ALI MURDANI
10111594/ 1 KA 42












Tidak ada komentar:

Posting Komentar