Jumat, 27 April 2012

Bab 4. MANUSIA DAN KEINDAHAN



KEINDAHAN


Banyak orang yang mendefinisikan tentang arti keindahan. Dan setiap definisi masing-masing berbeda dan ada pula yang sama. Saya akan mencoba memberikan pendapat tentang keindahan yang saya rangkum dari salah satu mata kuliah saya.


Keindahan adalah segala sesuatu yang biasanya memberikan daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Keindahan terkait pada perasaan emosional manusia. Manusia bebas menentukan apakah hal ini menurut dirinya indah tetapi tidak bisa memaksakan orang lain untuk mengatakan bahwa hal itu adalah sesuatu yang indah.
Tidak ada sekat pembatas bagi setiap manusia untuk menentukan keindahan.Alam ciptaan Tuhan dengan padang rumput hijau,gunung yang menjulang tinggi dikelilingi oleh pepohonan rindang dilengkapi dengan danau yang berisi air jernih adalah anugrah yang luar biasa yang dimiliki bumi. Begitu juga dengan padang pasir gersang, kota mati, kota bekas perperangan, atau tempat kekerasan lainnya merupakan anugrah Tuhan. Dua hal ini tidak bisa menyamakan satu pikirin dua umat manusia, seseorang akan mengatakan bahwa padang rumput yang  hijau adalah sebuah keindahan, pendapat ini belum tentu diterima oleh yang lain yang mengatakan bahwa kota mati dan kota bekas perperangan adalah hal yang paling indah.


Untuk menciptakan sesuatu yang indah maka seseorang memerlukan sebuah ide, gagasan, pemikiran bahkan ilham yang luar biasa untuk mencitpakan keindahan. Untuk mendapatkan hal-hal seperti ini adalah dengan mencari inspirasi dimana dan kapan untuk mendapatkannya. Banyak sekali seniman yang handal yang mampu menciptakan karya-karya yang luar biasa memperoleh ide dari perenungan beberapa saat bahkan membutuhkan waktu yang lama sehingga muncul teori renungan.


KEINDAHAN YANG SELUAS-LUASNYA MELIPUTI
·         Keindahan seni

·         Keindahan alam

·         Keindahan moral

·         Keindahan intelektual


Disamping itu-terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian, yakni:

a.    Keindahan dalam arti luas

b.    keindahan dalam arti estetis murni

c.    keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan


MENGAPA MANUSIA PERLU MENCIPTAKAN KEINDAHAN?

1.    Tata nilai yang telah usang

Karena dirasa tata nilai yang ada pada adat istiadat yang ada sudah tidak sesuai dengan keadaan pada zaman sekarang maka perlu ada perubahan dengan tujuan agar mengaangkat harkat dan martabat manusia.

2.    Kemerosotan zaman

Karena kemerosotan moral akibat perbuatan manusia yang sangat tidak terpuji yang tidak lagi menghiraukan akan aturan agama, maka hal ini harus dimusnahkan.

3.    Penderitaan Manusia

Penderitaan merupakan hal yang pernah dialami semua orang, dan hal ini merupakan resiko hidup manusia, yang diberikan oleh Tuhan agar manusia sadar untuk tidak menjauh dariNya.

4.    Keagungan Tuhan

Keindahan merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan dan maka dari itu kita sebagai manusia wajib mensyukurinya, dan sebagian dari kita mengungkapkan rasa syukur tersebut dalam bentuk karya seni, seperti melukis pemandangan, yang merupakan hasil karya seni yang Agung yang diciptakanoleh Allah untuk kita sebagai hambanya.


Jadi keindahan adalah alamiah, bahwa keindahan tersusun dari keselarasan dan kebaikan dari garis, warna, bentuk, nada dan kata-kata. Keindahan yang paling indah adalah keindahan yang alami yaitu keindahan ciptaan Tuhan.


HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEINDAHAN

Manusia dan keindahan sangat erat kaitannya, karena keindahan itu harus dilestarikan dan yang melestarikannya adalah manusia itu sendiri. Pada dasarnya semua unsur yang ada di muka bumi ini memiliki keindahan, keindahan dapat berupa keindahan alam, keindahan karya seni, keindahan musik ataupun bisa juga keindahan pada manusia itu sendiri yang di ciptakan dengan kesempurnaan di bandingkan makhluk Tuhan yang lain. Semua unsur di muka bumi ini adalah ciptaan Tuhan maka pada dasarnya keindahan itu bersumber dari Tuhan dan di ciptakan oleh Tuhan untuk dapat di nikmati oleh manusia, sehingga perasaan kita akan merasa lebih baik karena adanya keindahan itu sendiri.


Maka dari itu semua , kita sangat bersyukur kepada Allah yang telah menciptakan sangat banyak keindahan di bumi. Dan tugas kita untuk menjaga dan melestarikan keindahan itu.


Create by:

ALI MURDANI

1011594 / 1 KA 42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar