Rabu, 11 April 2012

Bab 3. MANUSIA DAN CINTA KASIH



Cinta adalah makna yang tersirat dalam hati, sedangkan kasih makna yang tersurat dalam perbuatan, karena kasih lebih memiliki arti rasa belas kasihan dan rasa ingin melindungi. Dengan adanya kasih cintapun semakin sempurna. Karena kata cinta dan kasih tidak bisa dipisahkan. Rasa saling membutuhkan, rasa saling memiliki, dan rasa saling mengasihi. Semuanya ada pada diri manusia yang memiliki rasa cinta dan kasih.



Cinta kasih adalah perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Dengan demikian dua kata cinta dan kasih memiliki arti tersendiri. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih bersumber dari cinta yang mendalam. Cinta sendiri memberi arti memiliki peranan penting dalam suatu kehidupan. Sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan. Cinta juga bisa diartikan dalam arti lain yaitu pengikat yang kokoh antara manusia dan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, dan mematuhi perintah-Nya.


Cinta itu memberi, bukan menerima. Dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan, dan yang terpenting dalam hal memberi adalah yang manusiawi. Dalam hal cinta sudah sepatutnya kita memberi, maksudnya adalah semua yang ada pada kita dan dia sedang membutuhkan kita maka kita akan selalu ada untuknya. Dengan kata lain saling membutuhkan satu sama lain.


HUBUNGAN MANUSIA DAN CINTA KASIH

Manusia, adalah makhluk sosial. Yang berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain dengan saling ketergantungan dan saling menguntungkan terhadap sesama. Manusia merupakan makhluk yang diciptakan dengan kemampuan akal yang istimewa dari makhluk lainnya, dengan akal tersebut, manusia dapat berpikir, apa yang harus mereka lakukan, apa yang mereka perlukan, mengapa mereka harus melakukan sesuatu hal. Semua itu dikarenakan manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan sebuah akal serta perasaan untuk saling melengkapi satu dengan yang lainnya.


Pada dasarnya manusia diciptakan dengan rasa cinta kasih. Pada hakikatnya cinta dan kasih saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Manusia dalam kehidupannya selalu mempunyai rasa cinta, namun rasa cinta ini banyak dari sebagian orang tidak mendalami akan rasa kasih yang ada dalam cinta itu sendiri, karena rasa cinta saja belum cukup kalau belum dibarengi dengan rasa kasih, karena cinta itu sendiri rasa suka terhadap lawan jenis dan rasa ingin memiliki seutuhnya. Apabila rasa cinta tak dibarengi dengan rasa kasih maka akan timbul rasa cinta sesaat. Karena kasih itu sendiri memiliki arti cinta yang mendalam, dalam artian cinta belum pasti kasih, sedangkan kasih sudah pasti cinta. Rasa suka seseorang inilah yang kita rasakan akan memberikan rasa cinta kasih.


Setiap manusia pasti memiliki yang namanya rasa cinta kasih kepada sesamanya melalui perasaan yang dimiliki oleh manusia, dan hal ini tidak dapat dipisahkan, keduanya berjalan secara bersama, dan juga harus mempunyai rasa cinta kasih terhadap siapapun tanpa terkecuali agar tercipta kehidupan yang rukun dan damai satu dengan yang lainya. Selain itu juga manusia dan cinta kasih adalah dua hal yang sangat penting terutama cinta kasih, coba bayangkan jika manusia tidak memiliki cinta kasih, apa yang terjadi? Tentu dunia ini akan penuh dengan individualisme yang dimana manusia akan hidup sendiri-sendiri dan mengurus urusannya masing-masing tanpa memperdulikan sekitarnya. Hal seperti ini harus dicegah agar seperti hal diatas tidak terjadi dalam kehidupan manusia. Jadi dua hal ini manusia dan cinta kasih haruslah disatukan.

Cinta kasih yang berarti manusia merasa saling memiliki, membutuhkan orang lain, dan secara ikhlas serta datang dari lubuk hatinya yang terdalam untuk menunjukkan dirinya ada dan dapat berguna bagi orang lain serta dapat memiliki perhatian dari sesamanya. Cinta kasih manusia tidak dilihat dari materi, namun manusia harus dapat menyadari bahwa dirinya membutuhkan serta dibutuhkan orang lain baik secara lahir maupun batin. Manusia yang berbudaya, akan selalu merasa bahwa dirinya adalah bagian dari orang lain yang ikut melengkapi terjalinnya sebuah kesinambungan kebudayaan dengan hubungan saling ketergantungan antara sesama manusia.


Cinta kasih dan kasih sayang adalah satu kesatuan yang menjadi unsure mengapa manusia saling membutuhkan. Manusia saling membutuhkan untuk mengisi hidupnya agar hidupnya dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan harapan mereka. Manusia tidak luput dari kata cinta kasih, manusia adalah makhluk sosial yang sangat rentan dengan apa yang disebut dengan kasih sayang. Kasih sayang terhadap sesame kahluk ciptaan Tuhan, dengan segala berkah serta rahmat dari-Nya untuk dapat berkomunikasi dan juga untuk dapat berinteraksi sehingga timbul adanya suatu kesatuan antara mereka.


Manusia dan cinta kasih, merupakan sesuatu yang tak dapat dipisahkan. Seorang manusia harus mengetahui dengan benar apa hakikat dari cinta kasih, yaitu salin peduli, saling perhatian, memberikan manfaat, memberikan perubahan bersama, dan tidak adanya dinding atau pembatas antara satu dengan yang lainnya.


Kemampuan mannusia untuk berpikir dengan akal yang dimilikinya membuat dirinya dapat membedakan mana yang cinta kasih secara ikhlas dan mana yang tidak. Terkadang manusia dapat membohongi orang lain, namun sebuah cinta kasih tidak dapat dibohongi bila sudah berurusan dengan masalah hati nurani. Manusia dapat dilihat baik atau buruknya serta wataknya dari bagaimana mereka mencintai, peduli, dan mau mendedikasikan sesuatu untuk kepentingan bersama. Suatu kebudayaan akan menimbilkan cinta kasih terhadap sesama manusia bila makna dan hakikat dari budaya tersebut dapat terhadap sesama manusia bila makna dan hakikat dari budaya tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh manusia, yaitu bagaimana mereka mengerti bahwa budaya diciptakan dari perasaan manusia untuk kehidupan ke arah yang lebih baik.


Hubungan baik antar manusia akan menciptakan suatu kesatuan yang diwujudkan dengan adanya ikatan. Ikatan tersebut bisa berupa suatu organisasi atau kelompok. Organisasi yang paling kecil adalah sebuah keluarga, dimana keluarga tersebut memiliki tujuan bersama untuk kehidupan sehari-hari, dan keluarga tersebut memiliki cita-cita yang sama untuk kemakmuran dan kesejahteraan keluarganya.




Create by
Ali Murdani
10111594 / 1 KA 42
Gunadarma University

Tidak ada komentar:

Posting Komentar