Minggu, 02 Desember 2012

KESANTUNAN Generasi Muda Yang Makin KRISIS



Assalamualaikum, Salam sejahtera untuk kita semua...

            Pada kali ini saya akan mencoba mencurahkan pendapat saya tentang kesantunan para pemuda Indonesia berdasarkan apa yang saya lihat dan dengarkan sendiri. Dari apa yang saya lihat dan dengar, saat ini sebagian banyak pemuda Indonesia kesantunannya sangat kurang. Mulai dari kesantunan berbicara,
kesantunan kepada orang tua, kesantunan kepada berpakaian dan lain-lainnya. Saya pernah bertanya kepada kakek saya mengenai kesantunan generasi  dulu, “bagaimana kesantunan generasi dulu dengan generasi sekarang Kek?”, dan kakek sayapun menjawab, “ yang jelas jauh berbeda dengan yang sekarang”. Sayapun sependapat dengan kakek saya. Padahal kesantunan memperlihatkan pribadi diri kita.

            Kesantunan dalam tutur bahasa pada generasi muda saat ini pun kian luntur, anak-anak remajapun tutur bahasanya sudah tidak terkontrol lagi yang terkadang mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas dikatakan oleh anak-anak pada seumuran mereka, seakan-akan apa yang mereka katakan itu adalah hal yang sangat biasa. Padahal kesantunan berbicara itu memperlihatkan pribadi diri kita. Kesantunan merupakan karakter seseorang, jika generasi muda kian lama kesantunannya semakin rusak, bagaimana dengan nasib negeri ini? Kelak mereka para generasi muda adalah penerus dari pemimpin-pemimpin negeri ini. Akankah bisa lebih baik dari pemimpin-pemimpin yang ada sekarang atau semakin lebih tidak jelas lagi nasib negeri ini? Hmmmmm.... ini adalah tugas kita sebagai generasi bangsa untuk memikirkan untuk mencari solusi mengatasi masalah yang ada pada negeri ini. Dimulai dari karakter kita masing-masing, untuk bisa membentuk karakter yang baik ya harus memperbaiki kesantunan kita dalam kehidupan ini.

            Hal yang paling mendasar menentukan kesantunan seseorang adalah pergaulannya, jika pergaulannya adalah orang-orang baik maka kesantunannyapun akan baik, begitu juga sebaliknya. Tapi jika dilihat pergaulan yang ada pada masyarakat saat ini sebagian banyak pergaulannya adalah pergaulan bebas, terutama pergaulan yang ada dikota seperti Jakarta. Orang tua mempunyai peran yang sangat besar dalam memberi didikan kesantunan kepada anaknya, agar kelak sianak terbiasa dengan kesantunan yang dicontohkan oleh orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar