Senin, 14 Oktober 2013

Wacana Sesuai Dengan EYD

REVOLUSI KOMUNIKASI KOMPUTER

Di tahun 1970-an dan awal 1980-an terlihat perpaduan dari bidang ilmu komputer dan komunikasi data yang secara mendalam mengubah teknologi, produksi-produksi dan perusahaan yang sekarang merupakan kombinasi industri komunikasi komputer.
Revolusi ini telah menghasilkan kenyataan yang menarik, antara lain :
  • ·         Tidak adanya perbedaan fundamental/pokok antara data processing (komputer) dan komunikasi data (peralatan transmisi dan switching).
  • ·         Tidak adanya perbedaan fundamental antara komunikasi data, voice (suara) dan video.
  • ·   Jalur-jalur antara single -processor computer, multi-processor computer, jaringan lokal, jaringan metropolitan dan jaringan jarak jauh sudah kabur.

Akibatnya perkembangan besar pada industri komputer dan komunikasi baik dari pabrikasi komponen sampai sistim integrasi dan perkembangan dari sistim integrasi yang mentransmisi dan memproses semua tipe data dan informasi. Keduanya baik teknologi dan standar teknik organisasi sedang diarahkan ke single public system yang menyatukan semua komunikasi yang dibuat secara nyata semua sumber data dan informasi di dunia secara mudah dan dapat diakses bersama-sama.
MODEL KOMUNIKASI
Tujuan utama dari komunikasi data yaitu untuk menukar informasi antara dua perantara. Data yaitu sebuah gambaran dari kenyataan, konsep atau instruksi dalam bentuk formal yang sesuai untuk komunikasi, interprestasi atau proses oleh manusia atau oleh peralatan otomatis. Informasi yaitu pengertian yang diperuntukkan bagi data dengan persetujuan-persetujuan memakai data tersebut.
Definisi-definisi ini dapat menjelaskan tujuan kita, yaitu : data dapat diidentifikasikan, data dapat digambarkan, data tidak perlu mewakili sesuatu secara fisik; tetapi dari semuanya itu data dapat dan sebaiknya digunakan untuk menghasilkan informasi. Hal ini juga berarti bahwa data untuk satu orang akan muncul sebagai informasi untuk yang lainnya. Informasi ini terbentuk ketika data ditafsirkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar