Rabu, 28 Maret 2012

Bab 1. MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


                                   MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Kehadiran manusia pertama tidak terlepas dari asal usul kehidupan di alam semesta. Asal usul manusia menurut ilmu pengetahuan tidak bisa dipisahkan dari teori tentang spesies lain yang telah ada sebelumnya melalui proses evolusi. Manusia adalah makhluk utama dalam dunia, mempunyai esensi uniknya sendiri dan sebagai suatu penciptaan atau sebagai suatu gejala yang bersifat istimewa dan mulia. Ia memiliki kemauan, ikut campur dalam alam, memiliki kekuatan untuk memilih dan mempunyai andil dalam menciptakan gaya hidup melawan kehidupan alami. Saya akan mencoba untuk menjelaskan siapa itu manusia? Dan kaitan manusia dengan kebudayaan.



1.   MANUSIA

Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini. Secara teori, manusia terdiri dari empat unsur yang saling terkait yaitu jasad, hayat, roh, dan nafs. Sedangkan jika dilihat dari sisi kepribadian manusia tediri dari id, ego dan super ego.


2.   HAKEKAT MANUSIA

Sungguh beruntunglah kita karena diciptakan oleh Tuhan sebagai seorang manusia. Kita diciptakan sempurna dengan bentuk tubuh yang lengkap dan juga diberikan akal fikiran yang membuat manusia berbeda dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Sebagai manusia, kita mempunyai hakekat dalam menjalani kehidupan kita didunia ini. Adapun hakekat dari kehidupan manusia yaitu makhluk, mulia, mempunyai beban, bebas, dan mendapatkan pembalasan. Hakekat kehidupan manusia adalah manusia hanyalah makhluk yang diberikan kemuliaan oleh Tuhan dengan diberikan akal fikiran guna menjalani perintah Tuhan untuk beribadah kepada-Nya dan menjadi wakil Tuhan dimuka bumi dalam hal mengelola kemakmuran bumi untuk kemakmuran manusia itu sendiri dan juga makhluk yang lainnya sehingga nantinya ketika manusia tersebut telah meninggal dunia dan berada dialam akhirat, maka dia akan mendapatkan nikmat Tuhan dan dimasukkan kedalam surga-Nya.


3.   KEBUDAYAAN

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Sangat banyak definisi-definisi tentang kebudayaan, dari definisi tersebut dapat dinyatakan bahwa inti pengertian kebudayaan mengandung beberapa ciri pokok, yaitu sebagai berikut:

a. Kebudayaan itu beraneka ragam.

b. Kebudayaan itu diteruskan melalui proses belajar.

c. Kebudayaan itu terjabarkan dari komponen biologi,psikologi,sosiologi dan eksistensi manusia.

d. Kebudayaan itu berstruktur.

e. Kebudayaan itu terbagi dalam aspek-aspek.

f.  Kebudayaan itu dinamis.


Banyak definisi mengenai kebudayaan, saya menyimpulkan bahwa hasil kreasi manusia untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik. Setiap bangsa memiliki banyak perbedaan. Jangankan antar bangsa, antar masyarakat didalam satu negeri yang samapun banyak perbedaan. Oleh karena itu kebudayaan dijadikan sebagai salah satu tonggak keberhasilan hidup masyarakat.

Unsur-unsur Kebudayaan

Ketika kita melakukan kunjungan ke luar kota, ke luar daerah bahkan sampai ke luar negeri, kita akan menemukan tujuh unsur budaya dalam masyarakat yang kita kunjungi tersebut,yaitu:

1.    Sistem bahasa

2.    Sistem peralatan hidup dan teknologi

3.    Sistem ekonomi dan mata pencaharian hidup

4.    Sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial

5.    Ilmu pengetahuan

6.    Kesenian

7.    Sistem kepercayaan atau agama


BERIKUT ADALAH CONTOH KEBUDAYAAN INDONESIA

Bila dilihat dari macam-macam budayanya, mungkin Indonesia adalah Negara yang paling kaya akan budaya dari pada Negara lain. Bagaimana tidak? Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau, dimana tiap pulau memiliki suku yang berbeda-beda pula. Hal ini membuat kebudayaan Indonesia benar-benar beraneka ragam. Salah satu contoh budaya di Indonesia adalah sastra(bahasa). Di Indonesia, kita bisa menemukan macam-macam budaya bahasa, seperti bahasa Jawa, bahasa Bali, bahasa Sunda dan masih banyak lagi. Semua memiliki pengucapan yang berbeda-beda dan disatukan oleh bahasa nasioanal Indonesia.


4.   KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Hanya manusia saja yang mampu menghasilkan kebudayaan dan sebaliknya tak ada kebudayaan tanpa manusia. Kebudayaan mempunyai kegunaan yang sangat besar bagi manusia.Hasil karya manusia  menimbulkan teknologi yang mempunyai kegunaan utama dalam melindungi manusia terhadap lingkungan alamnya. Kebudayaan adalah hasil cipta, karsa dan rasa manusia oleh karenanya kebudayaan mengalami perubahan dan perkembangan sejalan dengan perkembangan manusia itu. Perkembangan zaman mendorong terjadinya perubahan-perubahan disegala bidang,termasuk dalam kebudayaan. Mau tidak mau kebudayaan yang dianut suatu kelompok sosial akan bergeser. Hal yang terpenting dalam proses pengembangan kebudayaan adalah dengan adanya kontrol atau kendali terhadap prilaku yang ditampilkan oleh para penganut kebudayaan. Karena tidak jarang perilaku yang ditampilkan sangat bertolak belakang dengan budaya yang dianut didalam kelompok sosial yang ada di masyarakat.

Create by :

Ali Murdani

10111594 / 1 KA 42

Gunadarma University

Tidak ada komentar:

Posting Komentar